17an IKPB Jaya

Talamau Diminta Sebagai Pelaksana

{mosimage}Jakarta [YRT]. Bertempat di Aula Mesjid Al-Falah Bendungan Hilir Jakpus, pada tgl 11 Mei 08 kemaren telah berlangsung pertemuan (rapat) badan Pengurus IKP Barat (Ikatan Keluarga Pasaman Barat) Jaya bersama komisariat-komisariat kecamatan. Komisariat Kecamatan adalah bagian dari struktur organisasi IKPB Jaya, yang merupakan perwakilan para perantau/organisasi perantau dari masing-masing kecamatan dilingkunghan Kab. Pasaman Barat, di Jabodetabek. Selain Komisariat Kec. Talamau, komisariat kecamatan lain yg hadir adalah; Kec. Ranah Batahan, Kec. Sei. Beremas, Kec. Lembah Melintang, Kec. Gunung Tuleh, Kec. Sasak Ranah Pasisie, Kec. Pasaman dan Kec. Kinali. Menurut informasi yg kami terima, l.k 80% dari Pengurus IKP Barata Jaya ikut hadir pada pertemuan ini.

Beberapa hal yg mengemuka ketika itu antara lain adalah adanya keinginan untuk mengadakan suatu event olah raga atau semacam exhibition tournament antar (perantau) kecamatan-kecamatan  se Kab. Pasaman Barat di Jabodetabek. Momentum pelaksanaanya dapat di barengkan dengan perayaan kemerdekaan RI 17 Agustus 2008 nanti. Belum dibicarakan dengan jelas apa (saja) jenis olah raga yg akan dipertandingkan. Namun harapannya adalah bahwa dengan ajang pertandingan oleha raga tsb diharapakan dapat membangun rasa kebersamaan sekampung sehalaman, mempererat silaturahmi serta memperkuat persatuan dan kesatuan antar sesama perantau dari Pasaman Barat di Jakarta dan sekitarnnya. Dan untuk memudahkan koordinasi selama persiapan dan pelaksanaan, diusulkan pelaksanaanya diserahkan kepada satu kecamatan.

Yang menarik adalah, forum yg hadir meminta/menawarkan kepada Kec. Talamau untuk bisa menjadi Pelaksana Tournament tsb. Sesungguhnya ini merupakan suatu kehormatan bagi kita Kec. Talamau atas kepercayaan yg diberikan oleh dunsanak kita dari kecamatan lainnya. Paling tidak Talamau memang dianggap mampu dan punya kapasitas untuk itu. Di satu sisi, kita boleh berbangga hati dalam hal ini. Namun di sisi lain, hal ini merupakan tantangan bagi komunitas Talamau di Jakarta. Memang diperlukan komitmen yg kuat dan kerjasama yg keras untuk dapat menerima tantangan ini.

“Sebelumnya kami ucapkan terimakasih yg sebesar-besarnya atas kepercayaan dan kesempatan yg diberikan kepada kami dari Talamau, namun kami perlu menyamakan pendapat dan menanyakan kesiapan kami secara internal terlebih dahulu. Kebetulan dalam waktu dekat kami (IKTJ) akan ada pertemuan rutin; Talamau Duduak Basamo;, hal ini akan kami sampaikan kepada IKTJ secara organisasi”, demikian disampaikan Bpk. Drs Nases Djon MM didampingi oleh Bpk Zuardi Alies, dari Komisariat Talamau.

Re-Organisasi IKP Barat Jaya

Dihubungi YRT pada waktu terpisah, Bpk Nases Djon mengatakan bahwa hal lain yg mungkin perlu menjadi perhatian kita bersama adalah mengenai akan berakhirnya masa bakti kepengurusan IKP Barat Jaya yg sekarang pada pertengahan 2009 mendatang. Artinya, jika ada kader-kader dari Kec. Talamau yg dinilai mampu dan mempunyai kapasitas untuk duduk sebagai salah satu pengurus di IKP Barat Jaya berikutnya, boleh jadi mulai mempersiapkan diri atau disiapkan secara bersama-sama oleh keluaraga besar IKTJ. Seperti yg disampaikan langsung oleh Ketua IKPB Jaya Bpk Prof. DR. Syafril Kemala APU,”Masa bakti kepengurusan IKPB Jaya yg sekarang sama dengan masa kerja SBY, yaitu sampai 2009”. Jadi  diharapkan setiap kecamatan agar menyiapkan kader-kadernya yg dianggap mampu dan potensial untuk berpartisipasi pada kepengurusan berikutnya guna meneruskan cita-cita dan tujuan IKPB Jaya ini. [makuncu]

Reply