Buka Puasa Bersama IKTJ

Jakarta[rangtalu.net] Seperti lazimnya kegiatan umat Musim pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah ramaianya acara berbuka puasa bersama yg dilaksanakn oleh berbagai kelompok masyarakat, komunitas tertentu, organisasi, kantor-kantor – baik pemerintah maupun swasta – di berbagai tempat. Selain dari berbuka adalah merupakan salah satu bagian dari rangkaian pelaksanaan ibadah puasa itu sendiri, berbuka bersama juga merupakan ajang silaturahmi antar anggota kelompok masyarakat atau komunitas tsb. Demikian pula halnya dengan para pernatau asal Kecamatan Talamau Pasaman Barat di Jabodetabek yg tergabung dalam Ikatan Keluarga Talamau Jabodetabek (IKT Jakarta), seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini bertempat di rumah kediaman Ketua Umumnya Bp Ir Asrinal Rajab di bilangan Depok, IKTJ juga telah melangsungkan acara Berbuka Puasa Bersama pada hari Minggu, 14 September 2008 y.l. Hadir pada kesempatan tsb para Pengurus IKTJ, beberapa anggota Dewan Penasehat IKTJ, para anggota serta simpatisan Talamau yg berdomisili di Jakarta sekitarnya. Acara dimulai dengan ramah tamah serta diskusi ringan sembari menunggu beduk magrib pertanda masuknya waktu berbuka puasa.

Dalam sambutannya, Bp Asrinal kembali menyampaikan himbauan kepada hadirin dan seluruh warga IKTJ yg tidak berkesempatan hadir, untuk ikut serta ambil bagian dalam Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA IKTJ) yg sekarang sudah berjalan 2 periode semester. Terimakasih beliau sampaikan kepada donatur, sanak saudara yg sudah ikut serta harapan untuk dapat ditingkatkan. Seperti diketahui, GOTA adalah salah satu kegiatan sosial IKTJ di bawah Bidang Kependidikan (SDM) yaitu memberikan bantuan SPP kepada siswa/i yg tergolong tidak atau kurang mampu di Kec. Talamau. “Alhamdulillah pada tahun-tahun pertama ini kita sudah dapat merealisasikan bahkan telah meningkat Program Penggalangan Dana Pendidikan Anak Nagari yg pada 2 periode awal telah disalurkan dalam bentuk bantuan SPP bagi siswa yg tidak mampu di Kec. Talamau. Semester pertama (Februar – Juni ’08) kita telah dapat menyantuni sebanyak 56 orang siswa dan Alhamdulillah pada semester berjalan (Juli-Des’08) sudah menjadi 92 orang siswa yg terbebas dari biaya SPP sekolah”, demikian Pak Asrinal menggambarkan sekilas tentang Program GOTA IKTJ.

Wacana lain yg muncul adalah mengenai niatan untuk kembali mengadakan Halal Bihalal IKTJ 2008/1429H. Dan pada sesi musyawarah seusai sholat maghgrib berjama’ah dan berbuka puasa, hadirin dan pengurus sepakat untuk kembali melaksanakan Halal Bihalal yg direncanakan pada tgl 19 Oktober 2008. Mudah-mudahan Halal Bihalal yg akan datang lebih meriha dan lebih sukses dari thn sebelumnya.

Hal lain yg merupakan kemajuan juga adalah adanya salah satu anggota IKTJ yg Insya Allah akan maju sebagai salah satu calon legislatif di DPR Pusat pada Pemilu 2009 nanti. Beliau adalah Bp Elvin Ramli yg kini menjabat sebagai Koordinator Usaha dan Dana di kepengurusan IKTJ. Pernyataan ini disampaikan oleh Bp Elvin disela-sela acara ramah tamah dan sekaligus mohon do’a restu dari hadirin sekalian dan warga IKTJ secara keseluruhan. Kita do’akan semoga niat mulia Pak Elvin mendulang sukses dan mendapat Ridho Allah Swt serta menjadi kebaikan bagi kita semua. [makuncu]

Reply