Bupati Pasbar Buka MTQ Talamau 2008

alquranTalu[rangtalu.net] Pagi ini, Kamis 28 Agustus 2008, bertempat di halaman Mess Pemda Talamau-Talu, Bupati Pasaman Barat H Sahiran MM membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kec. Talamau. Acara yg berlangsung khidmad ini dihadiri oleh seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kec. Talamau, Bupati Pasaman Barat beserta rombongan, serta seluruh peserta dan official utusan masing-masing nagari. {popin} Adapun pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan MTQ sendiri akan dilangsungkan di Mesjid Istiqamah, Jorong Ps Baru Sianok, Nagari Sinuruik. Nagari Sinuruik adalah menjadi tuan rumah sekaligus Panitia Pelaksana MTQ Kec. Talamau 2008 ini, setelah tahun 2007 y.l meraih Juara Umum pada MTQ Talamau yg diadakan di Nagari Kajai waktu itu.

MTQ Talamau 2008 kali ini melombakan 7 kategori atau cabang lomba, yg meliputi anak-anak setingkat Tk sampai remaja / dewasa.  Pertama adalah MTQ itu sendiri atau cabang Tilawah. Kemudian kategori Tartil atau irama membaca Al Qur’an. Kedua cabang ini diadakan untuk tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Ke-3 adalah Tahmil Qur’an, yaitu semacam cerdas cermat di bidang Al Qur’an yg diadakan untuk tingkat Aliyah. Selanjutnya cabang Syarhil Qur’an. Cabang ini menggabungkan tiga ketrampilan sekaligus, sehingga pesertanya berkelompok yg juga terdiri dari 3 orang. Anggota pertama membaca ayat Al Qur’an, kemudian yg kedua membaca sari tilawahnya dan yg ketiga menguraikan penjelasan makna yg terkandung dalam ayat yg dibacakan tsb. Cabang ini juga diadakan untuk tingkat Aliyah.

Kemudian kategori Khutbah Jum’at. Kategori ini juga dilombakan secara berkelompok yg terdiri dari Khotib dan Mua’dzin. Khutbah Jum’at diikuti oleh tingkat remaja/dewasa. Yg ke-6 adalah Tilawah TK, yg tentu pesertanya hanya untuk anak-anak setingkat Taman kanak-kanak. Terakhir adalah Bintang Qasidah. Seperti sudah diketahui, bidang ini melombakan lagu-lagu beraliran Islam dan ditampilkan juga dengan nuansa Islam seperti nasyid, namun alat musik yg digunakan adalah rebana dan pianika (alat musik tiup).

Kerja Sama Warga nagari Sinuruik

Menurut Bp Drs Yunal, Sekretaris Panitia Pelaksana, sedianya MTQ 2008 ini direncanakan untuk dapat dilaksanakan beberapa bulan sebelumnya. Namun jadi tertunda-tunda karena banyaknya kegiatan nagari pada akhir-akhir ini. Diantaranya waktu itu ada rapat-rapat pembentukan dan pemilihan Ketua Bamus (Badan Musyawarah) Nagari, kemudian persiapan dan pelaksanaan Pilwana (Pemilihan Wali Nagari). Masuk Agustus menghadapi Hari Kemerdekaan RI ke 63. Akhirnya l.k 10 hari sebelum hari ‘H’ ini, pihak LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kec. Talamau yg memayungi kegiatan ini memberitahukan kepada Nagari Sinurut agar MTQ ini dapat dilaksanakn mulai tgl 28 Agustus ini. Jadi dalam waktu kurang lebih 10 hari itulah Panitia bekerja keras dan cepat menyiapkan segala sesuatu untuk mengangkat acara ini. “Namun berkat kerja sama dan dukungan penuh seluruh masyarakat Nagari Sinurut, akhirnya MTQ Talamau 2008 dapat kita buka hari ini”, demikian jelas pak Yunal.

Masih menurut Drs Yunal, dukungan masyarakat memang sungguh luar biasa sehingga panitia dapat bekerja lebih efektif. Sumbangan warga dalam berbagai bentuk tidak dapat diukur dengan apapun. “LPTQ Talamau hanya menyediakan dana untuk operasional acara. Seperti, honor-honor (Juri, Panitera), hadiah-hadiah dan lain sejenisnya. Tetapi keperluan-keperluan lain seperti akomodasi

pemondokan kontingen, perlengkapan dan lain sebagainya adalah sumbangan dan kesediaan warga masyarakat. Untuk itu kami panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Nagari Sinuruik serta semua pihak yg telah ikut mendorong suksesnya MTQ Kec. Talamau 2008 di Nagari Sinuruik. Semoga kesuksesan MTQ Talamau 2008 ini membawa harum nama Nagari Sinuruik baik di kecamatan setempat maupun di Kabupaten Pasaman Barat umumnya”, demikian Drs Yunal, Sekretaris Panitia Pelaksana MTQ Kec. Talamau 2008.[makuncu]

Reply