Cawana Al Jupri, Talu, Pilot Project Organik 2010

Talu [yrt.net]. “Harapan kita secara umum dan yg utama adalah, semoga Pemilihan Wali Nagari ini dapat berjalan dengan lancar, aman , damai dan sukses serta bersih dari segala bentuk kecurangan,” demikian disampaikan sdr Al Jupri S.s, salah satu calon Wali Nagari Talu dari Jorong Sei. Jernih. Al Jupri melanjutkan bahwa hendaknyalah ‘pesta’ Pilwana (Pemilihan Wali Nagari) ini dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran politik dan demokrasi bagi masyarakat yg pada akhirnya adalah untuk kemajuan nagari dan kemaslahatan bersama. Hal tersebut disampaikan Al Jupri ketika berhasil dihubungi [yrt.net] tadi pagi, Kamis (12/6).

Ditanya mengenai isu yg dia usung dalam pencalonannya, Al Jupri memulai dari pandangannya terhadap permasaalahan yg ada di tengah-tengah Nagari Talu dewasa ini. Masaalah utama menurut beliau adalah merosotnya kepercayaan diri masyarakat sendiri dan kemerosotan kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin. Kepercayaan diri sendiri yg dia maksud,”misalnya diketahui seseorang atau sekelompok masyarakat tertentu mempunyai potensi untuk berbuat atau mengembangkan suatu usaha tani, ternak, kebun, dagang d.l.l, tetapi kebanyakan dari mereka sekarang ini ragu-ragu atau menyangsikan kemampuannya sendiri sehingga yg muncul dalam perkiraannya adalah kata ‘gagal’, akhirnya mereka tidak pernah berani berbuat atau mencoba,” demikian jelasnya. Sementara mengenai kurangnya kepercayaan terhadap pemimpin, ia contohkan seperti yg juga terjadi di banyak daerah lain. Gejala ini sepertinya sudah umum secara nasional, apalagi belakangan makin banyak pemimpin yg terungkap terlibat berbagai kasus yg melunturkan predikatnya sebagai panutan masyarakat.

Masaalah lain yg tidak kalah penting menurutnya adalah soal kesejahteraan masyarakat. “Untuk hal yg satu ini, mau tidak mau memang harus ada program-program nyata yg dapat mendorong kegiatan ekonomi sebagai salah satu kendaraan menuju sejahteraan tsb,” lanjut Al Jupri. Sehingga menurut beliau,  4 isu utama yg dia usung adalah : (1) Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (2) Pemulihan kepercayaan diri masyarakat (3) Pemulihan kepercayaan pada pemimpin, dan semua itu dapat dicapai dengan (4) Menyelenggarakan Pemerintahan Nagari yg bersih dan bermartabat.

Produsen Organik 2010

Ditanya mengenai salah satu program nyata yg akan dilaksanakannya jika terpilih nanti, cawana (calon wali nagari) Al Jupri menyampaikan bahwa ia akan menggerakan usaha pembuatan pupuk organik. “Selain salah satu usaha untuk mengatasi seringnya terjadi kelangkaan pupuk, hal ini juga dapat mengatasi sampah organik serta mendorong tumbuhnya usaha ternak penghasil kotoran sebagai salah satu sumber pembuatan pupuk organik tsb,” katanya. “Sejalan pula dengan canangan pemerintah secara nasional bahwa tahun 2010 diharapkan mayoritas petani sudah menggunakan pupuk organik dan tidak lagi tergantung kepada pupuk kimia. Mudah-mudahan dengan usaha kita bersama, tahun 2010 Talu adalah penghasil utama pupuk organik di Pasaman Barat, bahkan Sumatera Barat jika perlu,” demikian Al Jupri. Selain itu, ia juga sudah menguraikan dengan jelas dan panjang lebar semua program-program kerja yg akan dia laksanakannya jika terpilih nanti, pada kesempatan Debat Kandidat (7/6) dan Penyampaian Visi dan Misi Kandidat (9/6) y.l didepan khalayak dan panelis.

Debat Kandidat dilaksanakan secara independent oleh IMAPPTAL Sumbar (Ikatan Mahasiswa Pemuda Pelajar Talamau) yg menghadirkan Sdr Ir Yusmeri Yusuf (Anggota DPRD I Sumbar dari PAN) dan Sdr Drs Yulrizal Baharin (Kepala Bapeda Kab. Kep. Mentawai) sebagai panelis. Sedangkan Penyampaian Visi dan Misi Kandidat dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan.

“Harapan saya selanjutnya adalah kepada masing-masing calon yg maju pada pilwana ini agar benar-benar siap. Maksudnya siap menang dan siap kalah. Dalam artian, jika menang siap untuk memenuhi janji-janji ‘politik’nya dan menjalankan tugas yg diamanatkan masyarakat dengan penuh tanggung jawab. Jika tidak terpilih, juga siap untuk kalahdan dengan kebesaran jiwa bersama-sama pendukungnya untuk ikut mendukung program-program yg dijalankan oleh Wali nagai terpilih,” demikian Al Jupri S.s, salah satu calon Wali Nagari Talu yg kini menjabat sebagai Ketua Koperasi Syariah Talu, mengakhiri pembicaraanya. [makuncu]

Reply