Pembangunan Web Site Nagari Saiber Rang TALU  ini  berangkat dari sebuah keinginan hati yang sudah lama menjadi angan-angan akan hadirnya suatu wadah di internet yang dapat mewakili Nagari Talu (Talamau secara umumnya) dalam segala bidang. Sejak mengenal dunia internet (thn 1996), hayalan ini sudah mulai membenih. Namun dikarenakan ‘benih’ itu tumbuh bukan pada lahan yang kurang tepat [kami bukan ahli IT] dan mungkin juga kurang ‘pupuak’ [kami belum pernah mendapat ilmu khusus/sekolah/kursus IT] maka benih tersebut tidak dapat tumbuh dengan baik dan tidak berani muncul di tengah-tengah pohon yang lain yang tidak dapat dipungkiri sudah tumbuh besar dan berkembang pesat [banyak sekali profile daerah lain yang sudah exist di internet].

Pada kurun 1998 ~ 2001 kami pernah ‘manyingguang-nyingguang’ hal ini pada beberapa kesempatan acara pertemuan dengan dunsanak-dunsanak Rang Talu di Jakarta, namun ketika itu belum mendapat respons dari dunsanak-dunsanak kito. Memasuki 2005 perkembangan teknologi informasi sudah tak terduga lagi, sesuatu yang baru pada hari ini bisa-bisa sudah ketinggalan zaman pada hari esoknya. Seolah-olah sudah mencapai puncaknya, padahal masih sedang dan terus akan maju dan berkembang. Jumlah pengguna layanan internet meningkat dengan pesat dan kalangannya pun sudah sangat beragam bahkan sampai ke tingkat sekolah-sekolah. Sementara kata “TALU – SINURUT – KAJAI – TALAMAU “ masih belum kami temui di layanan informasi tercanggih zaman sekarang tsb.

Akhirnya, dengan semangat ‘urang awak pantang ta tingga’ dengan bekal seadanya dan ilmu yang sangat dangkal dibidang IT serta tanpa memperoleh bimbingan ketrampilan yang semestinya, kami bacakan Bismillahirrahmaanirrahiim…, kami beranikan diri untuk memulai membangun website ini seadanya sebagai pembukak jalan bagi dunsanak-dunsanak yang lain agar selanjutnya kita bangun bersama-sama. Kami yakin banyak cucu kamanakan jo anak kampuang Rang Talu nan santiang-santiang dewasa ini, terutama nan mudo-mudo atau nan masih basikola dibidangnyo, mari…. Samo-samo kito sinsiangkan langan baju, kito bangun Nagari Saiber Rang Talu ko sa maju-maju nyo. Paling tidak ya itu tadi; “Rang Talu pantang ta tingga”. Mudah-mudahan baguno bagi Cucu Kamanakan jo Anak Kampuang Rang Talu, baiak nan di kampuang maupun na di rantau.

Kami nanti dunsanak sadonyo di : [email protected]

Wassalam, ujuang 2005

AM. St. Sulaiman
Kamanakan Pangulu Pasa