IKT Jakarta Santuni 92 Siswa di Talamau

Talu,[yrt.net] Sebagaimana telah dilansir sebelumnya, IKTJ menargetkan untuk dapat memberikan beasiswa kepada 100 orang siswa pada periode Juli ~ Desember 2008 di Kec. Talamau, setelah pada periode  sebelumnya (Februari ~ Juni 2008) berhasil menyantuni sebanyak 56 orang siswa di kecamatan yg sama. Alhamdulillah dari target 100 orang tsb, tercapai 92 orang atau 92% dari yg direncanakan. Sekalipun belum dapat mencapai target 100%, namun capaian 92% sangatlah menggembirakan. Hal ini berarti Beasiswa GOTA IKTJ mengalami kenaikan sebesar 64,28% dalam 2 semester kalander akademik. Total 92 orang tsb terbagi pada 4 sekolah yaitu 34 orang SMA 1 Talu, 24 orang SMK 1 Talu, 20 orang MAS Muhammadiyah Talu dan 14 orang di MAN Kajai. Sebagai perbandingan, pada periode sebelumnya terdapat 16 orang di SMA, 12 orang di SMK, 16 orang di MAS Muhammadiyah dan 12 orang di MAN Kajai.

Ketika dimintai informasi mengenai besaran dana santunan pada periode ini, Bpk Ir Reswandri Rustam MSc (Kordinator GOTA IKTJ) menyampaikan bahwa masing-masing anak memperoleh besar santunan yg berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Hal ini tentunya sesuai dengan besar uang SPP per bulannya di masing-masing sekolah. Namun jika dirata-rata, setiap anak memperoleh santunan sebesar  Rp 28.456,52. Jadi dana santunan yg dikirimkan untuk satu bulan adalah Rp 2.618.000,-. Artinya dana santunan beasiswa GOTA IKTJ yg sudah dialokasikan untuk periode Juli~Desember 2008 ini berjumlah sebesar Rp 15.708.000,- (lima belas juta lima ratus delapan puluh delapan ribu rupiah). Jumlah ini memperlihatkan kenaikan yg sangat signifikan jika dibanding periode 6 bulan sebelumnya yg telah menyalurkan Rp 6.960.000,- dana santunan. Secara persentase kanaikannya mencapai 64,28%, sungguh suatu capaian yg patut ditingkatkan pada periode-periode berikutnya, paling tidak dapat dipertahankan.

“Dari jumlah donatur serta donasinya yg sudah masuk untuk periode II ini, jika perhitungannya menggunakan besaran SPP thn ajaran (semester) yg lalu, sebetulnya kita dapat memenuhi target 100 orang siswa seperti yg pernah dicanangkan sebelumnya itu. Ternyata diluar antisipasi kita, ada sekolah yg telah melakukan perubahan atau kenaikan SPP pada tahun ajaran sekarang. Dan informasinya baru kita peroleh pada saat-saat akhir penentuan jumlah siswa dan alokasi dana. Sehingga jumlah siswa yg dapat disantuni sesuai dengan sumber dana yg tersedia berkurang menjadi 92 orang saja. Karena memang tidak memungkinkan mencarikan tambahan donatur/orang tua asuh dalam waktu yg sangat singkat untuk dapat memenuhi target 100 orang”, demikian dituturkan pak Wen (panggilan akrab Reswandri Rustam) mengenai capaian jumlah siswa yg disantuni pada periode ini.

Semoga apa yg telah dilakukan IKT Jakarta melalui Program GOTA ini dapat mengetuk pintu hati para donatur lainnya serta  warga para perantau Talamau yg ada di Jabodetabek yg belum ikut serta menjadi salah satu donatur atau orang tua asuh, ikut mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Sebagai salah satu bentuk nyata sumbangsih perantau pada kampung halamannya, mari sama-sama kita berantas buta huruf di Kec. Talamau sembari ikut membantu pemerintah dalam mewujudkan wajib belajar 9 tahun. Maju kampuang, majulah nagari.[AStS]

Reply