IKTJ Serahkan Bantuan Beasiswa 56 Orang Siswa

{mosimage}Hari ini, Selasa 19 February 2008, Alhamdulillah IKT Jakarta telah menyerahkan bantuan Beasiswa Dana Santunan Pendidikan bagi siswa/i yang tidak mampu kepada tiga sekolah di Kec. Talamau, Pasaman Barat. Ke-3 sekolah tersebut terdapat di dua kenagarian yakni Nagari Sinurut (SMA N Talu & SMK N Talu), dan Nagari Talu (MAM Talu). Insya Allah besok, Rabu 20 Februari 2008 akan diserahkan pula kepada MAN N Kajai, di Nagari Kajai. Penyerahan bantuan dilaksanakan oleh Tim Relawan IKTJ (Perwakilan IKTJ di Talu) yang sementara ini terdiri dari Bpk Saptariadi M, Sdr Adek dan Sdr. Deny Rustam.

Sebagaimana yang pernah disampaikan, bahwa Ikatan Keluarga Talamau Jabodetabek (IKT Jakarta) telah menyusun suatu program untuk dapat berperan dalam mendorong meningkatkan pendidikan di Kec. Talamau. Program tsb disusun dan direalisasikan dalam sebuah Kegiatan Organisasi yang disebut Gerakan Orang Tua Asuh IKTJ, disingkat GOTA IKTJ, yang mana melalui program ini IKTJ akan menyalurkan bantuan dana pendidikan bagi Siswa/i yang tidak mampu dilingkungan Kec. Talamau. Sejak dicetuskannya kegiatan ini oleh Bp Asrinal Rajab (Ketua IKTJ) pada acara Halal Bihalal Keluarga Talamau Jabodetabek November 2007 y.l, dan mulai disosialisasikan sejak Desember 2007, Alhamdulillah mulai Februari ini sudah dapat direalisasikan bantuan pendidikan berupa Beasiswa Pembayaran Uang SPP bulanan bagi 56 orang Siswa di Kec. Talamau. Ke-56 orang Siswa/i tsb terdapat pada beberapa sekolah berikut :

    

     SMA Negeri Talu                                                       = 16 Orang

Madrasyah Aliyah Muhammadiyah Talu                      = 16 Orang

SMK Negeri Talu                                                       = 12 Orang

Madrasyah Aliyah Negeri Kajai                                   = 12 Orang

 

Dihadiri Wali Murid

Pertama sekali penyerahan bantuan dilakukan di sekolah Madrasyah Aliyah Muhammadiyah Cab. Talamau (MAM Talu). Bantuan di terima langsung oleh Kepala Sekolah MAM Talu Bpk Alfajri S.Ag di dampingi oleh Bendahara sekolah, Ibu Desriyeli Syahril yang tentunya juga dihadiri oleh para murid penerima beasiswa tsb. Selain itu, pihak sekolah juga menghadirkan para orang tua wali murid dari ke 16 Siswa/i penerima bantuan.

Selanjutnya penyerahan berlangsung di sekolah SMA N 1 Talamau, Talu. Santunan bagi 16 orang Siswa/i SMA diterima langsung oleh Wk. Kep. Sek. Bpk. Drs Syahrul dan dihadiri oleh para murid penerima beasiswa. Berhubung sesuatu hal, orang tua wali murid tidak dapat hadir pada kesempatan ini.

Penyerahan bantuan hari ini berakhir di SMK Negeri 1 Talamau sekitar pukul 12.00 WIB siang tadi. Bantuan beasiswa ini langsung diterima oleh Kep Sek  SMK N 1 Talamau Bpk Drs. M Dasril didampingi oleh Wk Kepala Bidang Kesiswaan, Bpk. Mukti Ali S.Ag. Sebagaimana di MAM Talu, penyerahan bantuan di SMK juga dihadiri oleh para Siswa serta orang tua wali murid penerima beasiswa. “Kami atas nama SMK N 1 Talamau dan mewakili orang tua wali murid mengaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas Program Bantuan Pendidikan IKT Jakarta ini, terutama terpilihnya 12 orang Siswa/i kami pada periode ini. Seperti kita maklumi bersama, hampir rata-rata kemampuan ekonomi masyarakat kita saat ini termasuk sangat rendah. Sehingga hal ini memang menjadi salah satu kendala nyata bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah kita. Apalagi SMK adalah sekolah kejuruan yang porsi prakteknya lebih banyak yang sudah barang tentu membutuhkan biaya lebih”, demikian disampaikan oleh Kep Sek SMK N 1 Talamau Drs M Dasril yang dihubungi Yoo,RangTALU.Net disela-sela acara penyerahan beasiswa tadi siang. M Dasril menambahkan bahwa salah satu program study lapangan disekolah nya adalah mengirim anak didiknya ke Indusrti-industri yang relevan dalam bentuk Praktek Kerja Indusri. Setelah itu akan dilakukan pula Uji Kompetensi dengan menggunakan tim penguji dari luar (luar sekolah:red).

Ditanya mengenai statistik kelulusan Siswa disekolahnya, Drs M Dasril menyampaikan bahwa SMK N 1 Talamau baru meluluskan 3 angkatan, angkatan I sebanyak 56 orang, akt. II ada 200 orang dan akt III sebanyak 131 orang. Diantara mereka ada yg melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi seperti Universitas Andalas, Institut Negeri Padang dan Univ. Bung Hatta. Ada juga yang langsung terjun ke lapangan pekerjaan seperti PPL Kec. Talamau. “Kalau prestasi umum sekolah, Alhamdulillah Siswa kita meraih Juara II Lomba Karya Ilmiah se-Sumatera Barat 2008 yang diadakan oleh Politeknik Pertanian Payakumbuh, di Payakumbuh”, demikian M Dasril dengan sedikit rasa bangga atas prestasi siswanya. “ Sekali lagi, kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian semua sanak Keluarga di Jakarta dan sekitarnya, semoga sanak semuanya selalu diberikan kemudahan dalam segala urusan dan selalu murah rezeki. Hanya itulah yang dapat kami kirimkan dari kampung…..”, Drs M Dasril, Kep Sek SMK N 1 Talamau mengakhiri pembicaraan di ujung telephone. [makuncu]

Reply