IKTS Simpang Empat Taragak Basuo

Sp Empat, [Rangtalu.Net]. Warga Talu, Sinurut, Kajai yang berdomisili di Kec. Pasaman (Sp Empat) sekitar menggelar acara silaturahmi yang diberi tajuk Taragak Basuo. Diluar dugaan (menurut salah satu sumber), lebih dari seribu orang memadati Gedung Yaptib Sp. Empat, ikut memeriahkan acara yang berlangsung pada Sabtu (13/11) yang lalu. Kegiatan ini di gagas dan diselenggarakan oleh IKTS (Ikatan Keluarga Talu Sinurut) Sp. Empat.

Beberapa tokoh masyarakat Talamau turut hadir dalam acara ini, termasuk diantaranya yang berdomisili di daerah lain di Sumatera Barat. Sebut saja Drs Yulrizal Bahrin (Ketua IKTS Kota Padang), Asrial Bahri SH Tuanku Nan Sati (salah satu mantan dosen Fak. Hukum Bung Hatta) yang sekarang juga menjabat sebagai Ketua KAN Nagari Sinurut. Ada juga tuanku Bosa XIV, Pucuk Adat Nagari Talu dr Fadlan Maalip SKM. Selain itu tentu juga ada Drs Baharuddin R, MM, putra Nagari Sinurut yang sekarang menjabat sebagai Bupati Pasaman Barat.

Beberapa tokoh yang sempat berbicara pada kesempatan itu, sama-sama menyampaikan rasa syukur sekaligus dukungan atas terpilihnya putra Talamau Drs Baharuddin R, MM sebagai Bupati Pasaman Barat 2010-2015. Harapannya tentu semoga kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya, dapat diemban dengan baik demi kemaslahatan dan kemajuan Pasaman Barat secara keseluruhan, khususnya Talu Sinurut dan Kajai.

Selain itu, juga mengemuka perlunya kaderisasi calon-calon pemimpin lainnya dari putra-putri Talamau generasi selanjutnya. Tentunya ini perlu guna melanjutkan kepemimpinan Baharuddin selaku putra Talamau. Semoga saja kepemimpinan putra Talamau dimasa datang tidak hanya ditingkat kabupaten, tapi juga di tingkat provinsi bahkan nasional.

Drs Baharuddin R, MM sendiri, selaku Bupati Pasaman Barat menyampaikan beberapa rencana kerja pembangunan pemerintahannya kedepan. Khusus untuk wilayah Kec. Talamau, Baharuddin menyebutkan akan meneruskan pembangunan jalan Tonang Lb Sikaping yang sempat terhenti setelah masa baktinya sebagai bupati Pasaman berakhir ketika itu. Selain itu juga disebutkan akan membangun jalan Tombang. Diharapkan selesainya pembanganunan jalan tsb dapat memacu perekonomian masyarakat sekitarnya.

Untuk Pasaman Barat secara keseluruhan, Bupati menyebutkan bahwa untuk memacu pembangunan tiap-tiap nagari, pemerintah akan menganggarkan dana sebesar Rp 1 milyar per nagari. Disebutkan ini adalah pertama dan terbesar yang pernah dianggarkan untuk satu nagari.

Hal lain yang mengemuka pada pertemuan ini adalah semua hadirin sepakat akan membentuk IKTS Pasaman Barat. Nantinya IKTS Pasaman Barat ini akan mengkoordinir IKTS yang ada di kecamatan-kecamatan se Pasaman Barat, demikian ugkap Zulkifli, ketua panitia penyelenggara.

Semoga apa-apa yang telah dicetuskan dalampertemuan ini dapat terealisasi dengan baik dalam waktu dekat. Semoga pula apa-apoa yang telah diupayakan bersama akan menjadi kebaikan pula bagi semua pihak, khususnya bagi masyarakat Kec.Talamau.[yrt01]/Sumber : UcokTalu.

2 Comments

  1. Fakhni Armen Reply
    • Sipangka Reply

Reply