Nagari Kajai Wakili Pasaman Barat ke Tingkat Propinsi

Talu[rangtalu.net]. Ucapan selamat patut diberikan kepada seluruh masyarakat Nagari Kajai beserta jajaran Pemerintahan Nagari atas berhasilnya Nagari Kajai terpilih sebagai Juara I se-Pasaman Barat pada Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Kabupaten 2008. Selanjutnya doa sukses juga pantas buat  Nagari Kajai semoga kembali berjaya pada Lomba Tingkat Propinsi. Nagari Kajai terpilih menjadi Juara I menyisihkan 18 nagari lainnya di 11 kecamatan sekabupaten Pasaman Barat. Suatu prestasi yg patut mendapat apresiasi dan tentunya patut pula ditauladani oleh nagari-nagari lainnya.
Sekarang Nagari Kajai mewakili Kab. Pasaman Barat dalam mengikuti lomba yg sama di tingkat Propinsi Sumatera Barat. Kecamatan Talamau tentu juga patut berbangga atas terpilihnya salah satu nagari di kecamatan ini sebagai wakil kabupaten ke tingkat propinsi. Penilaian untuk Lomba Tingkat Propinsi juga sudah dilakukan di nagari Kajai pada hari Rabu (4/6) yg lalu. Tim Propinsi yg melakukan penilaian waktu itu dipimpin oleh Irvan Khairul Ananda, SE,MM, Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar. Belum diketahui kapan penilaian se-Sumatera Barat akan selesai dan kemudian untuk di ketahui hasilnya. Semoga Nagari Kajai kembali Berjaya di tingkat Sumatera Barat.

Tanaman Primadona

Nagari Kajai adalah salah satu dari tiga nagari yg ada di Kec. Talamau selain Nagari Talu dan Nagari Sinurut. Secara geografis Nagari Kajai terletak diantara pusat kecamatan (Talu -12 km arah Timur) dan pusat kabupaten (Sp. Empat – 17 km arah Barat). Daerahnya terdiri dari daratan dan perbukitan dengan rentang suhu rata-rata berkisar antara 28 ~ 38 derajat celcius. Populasi saat ini disebutkan berjumlah 10.833 jiwa, yg terdiri dari sekitar 2625 KK (kepala Keluarga) dengan luas wilayah 13.028 hektare (ha).

Sebagian besar dari penduduk Kajai bekerja pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Sebagian lain juga ada kegiatan industri kecil rumah tangga, baik berupa produksi jenis makanan maupun kerajinan tangan.

Salah satu penggerak roda ekonomi adalah perkebunan kelapa sawit yg dikelola bersama KUD Nagari Kajai melalui program Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA). Hingga saat ini program tsb telah berhasil mengolah seluas 626 ha kebun kelapa sawit dengan anggota koperasi mencapai 400 orang. Hasil panen sawit disebutkan mencapai 120 ton setiap bulannya.

Namun yg lebih menggembirakan lagi, menurut Walinagari Kajai Mursal Syabirin, adalah giatnya masyarakat bercocok tanam jenis-jenis holtikultura. Yg pasti padi dan jagung. Selain itu ada pisang, ubi jalar (ubi rambat), cabe, buncis kacang kedele, kacang tanah, ubi kayu (singkong), cabe, sawi, dan kacang panjang.

“Bahkan jenis-jenis tanaman ini justru menjadi primadona masyarakat. Hasil produksinya cenderung terus meningkat pada setiap musim panen,” jelas Pak Wali seperti yg dikutip oleh Singg

alang, harian lokal Sumatera Barat.

Teruslah berbuat, semoga bukan hanya di Pasaman Barat, tetapi Nagari Kajai juga menjadi yg terbaik hendaknya di seluruh Sumatera Barat. [AStS]

Sumber : Milis Group Yoo,RangTalu

Reply