Paket Olah Raga Untuk Repamora

{mosimage}Jakarta [yrt.net]. Paraman (baca: Paroman) adalah salah satu jorong (setingkat desa) di Kenagarian Sinurut, Kec. Talamau Kab. Pasaman Barat. Tepatnya, Jorong Paraman terletak l.k 4-5 km dari pusat kecamatan kearah Timur. Seperti kebanyakan masyarakat di jorong-jorong lainnya, mayoritas masyarakat Paraman hidup dari hasil pertanian. Perlu dicatat bahwa masyarakat Jorong Paraman juga banyak mengadu peruntungan di nagari rantau, seperti di Jakarta sekitarnya (Jabodetabek). Terlepas dari tingkat kesuksesan dan keberhasilannya, keberadaan mereka di perantauan ditengarai ikut menopang perekonomian dunsanak di kampung halaman.


Seperti perantau asal Talu (Talamau) pada umumnya, hubungan emosional dengan kampung halaman memang dirasakan masih sangat kental sekali, tidak terkecuali yang berasal dari atau punya garis keturunan dari Jorong Paraman, Nagari Sinurut ini. Hal ini memang harus terus dibina dan ditingkatkan dari generasi ke generasi.

Repamora

Di Jakarta sendiri, sejauh ini memang belum pernah ada pendataan tentang populasi warga asal atau punya garis keturunan dari Paraman. Namun eksistensi mereka cukup dirasakan oleh komunitas Talamau di Jakarta (IKTJ), demikian juga oleh dunsanak, cucu-kamanakan yg berada di kampung halaman. Hal ini terbukti dengan adanya usaha penghimpunan dana secara spontanitas dari perantau asal Paraman di Jabodetabek untuk pengadaan perlengkapan olah raga bagi remaja/pemuda Jorong Paraman yg menamakan dirinya REPAMORA (Remaja Paraman Masyarakatkan Olah Raga).

Dilaporkan bahwa dari penggalangan dana tsb telah dapat mengadakan beberapa perlengkapan olah raga berupa :

  • Kaos Seragam Olah Raga          (berlogo REPAMORA CLUB)    = 40 lbr
  • Topi/Pet Pembina                      (berlogo REPAMORA CLUB)    = 14 buah
  • Kostum Sepakbola Kesebelasan Repamora Club             = 20 sets
  • Bola kaki                                                           

                            = 1 buah

  • Bola Volley                                                                                = 1 buah

Barang-barang tsb sudah dikirim dalam beberapa tahap, 2 dan 4 Juni’08 (via Titipan Kilat) dan 2 Juli’08 dibawa langsung oleh Ketua IKT Jakarta.

Menurut Bp Zuardi Alies, Repamora ini sebetulnya sudah beridiri sejak 1984. Semangatnya waktu itu adalah untuk dapat menghimpun seluruh komponen kampung/jorong dalam semangat persatuan yg dimotori oleh kaum muda/remaja. Adapun olah raga adalah salah satu bidang yg dianggap lebih mudah dan lebih efektif untuk menggelorakan semangat pemuda. Maka digagaslah untuk membentuk semacam persatuan pemuda yg domainnya adalah Olah Raga. Namun diharapkan kegiatannya juga mencakup bidang-bidang lain yg sifatnya dapat memperkuat persatuan masyarakat Paraman dan bisa pula menjadi wadah untuk mengharumkan nama kampung/jorong, misalnya melalui perlombaan-perlombaan.

“Akhirnya terbentuklah REPAMORA ini, Remaja Paraman Masyarakatkan Olah Raga”, kenang Zuardi Alies yg ketika itu menjabat sebagai Ketua Pemuda Desa Paraman, yg ikut menggagas berdirinya Repamora.

Inisiatif awal pengadaan bantuan ini memang berawal dari adanya permohonan dari Repamora kepada para perantau Paraman di Jabodetabek. Alhamdulillah permohonan tsb dapat sambutan positif. “Secara nominal, sesungguhnya apa yg kita berikan ini sangatlah kecil sekali. Tetapi paling tidak inilah salah satu ujud dari ikatan emosional antar sesama perantau asal Paraman terhadap kampung halaman,” lanjut pak Ardi. “Semoga hal kecil yg kita berikan ini dapat diperlihara dengan baik dan digunakan semaksimal mungkin, Inysa Allah akan ada manfaat. Maju Repamora…, majulah Paroman,” demikian Zuardi Alies yg kini aktif di Koperasi Mesjid Al Falah Benhil-Jakpus, mengakhiri pembicaraan.. [makuncu]

Reply