Pemuda Talu serahkan Bantuan Korban Gempa di PasBar

Korban gempa di pasaman barat boleh dikatakan belum tersentuh bantuan,
entah karena letaknya yang jauh, cerita ini adalah nyata karena pada tgl 8 Oktober yang
lalu pemuda dan mahasiswa/i dari Talu (Talamau) dibawah pimpinan Eki Lukman telah menyerahkan bantuan berupa beras senilai Rp.8 juta ditambah pakaian layak pakai yang dikumpulkan mahasiswa/wi di Talamau kepada korban gempa di beberapa Nagari di Pasaman Barat. Menurut Eki Cs, para korban gempa banyak bercerita dan menyampaikan keluh kesahnya sangat memprihatinkan.


Ketika itu, belum ada ekspos sama sekali oleh media televisi tentang keadaan korban dan kerusakan di daerah Kab. Pasaman Barat akibat gempa Sumbar akhir September lalu

Sebagaimana informasi yg telah beredar baik di Pasaman Barat sendiri maupun sampai ke daerah perantauan, di Kab. Pasaman Barat setidaknya terdapat beberapa nagari/kecamatan yg tertimpa musibah gempa tsb. Diantaranya Kec. Kinali, Sasak, Kapar, A. Bangis. Dan kondisinya tidak kalah parahnya dari beberapa tempat lainnya.

Di Kab. Pasaman Barat ( yg jarak tempuhnya l.k 250~300 km dari Padang), korbannya hampir dipastikan adalah rakyat miskin/petani/nelayan. Yang namanya recovery adalah sangat berat bagi mereka. Sementara, korban di kota Padang rata-rata adalah pedagang/pegawai  swasta, tempat2 usaha dan perkantoran.
Sangat sayang sekali rasanya bahwa yg terekspos sejauh ini (paling tidak sampai 10 Okt’09) hanya Padang dan Pariaman . [Sumber: edi.naro@rangtalu.net]

Reply