Pesta Pilwana Talu & Sinurut

Talu [yrt.net]. Hari-hari dalam minggu ini merupakan hari-hari yang penuh semarak di sekitar Talu dan Sinurut. Bahkan pada hari-hari ini masyarakat sekitar seolah akan ‘terlupa’ dari rasa berat himpitan beban akibat kenaikan harga BBM yg masih dalam hitungan minggu berlalu. Soalnya, sejak hari Minggu (8/6) y.l sampai Jumat (13/6) sedang dan akan berlangsung kampanye Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Talu dan Sinurut. Layaknya pesta rakyat pemilihan calon pemimpinnya, maka pada masa-masa kampanye akan sering terjadi pengumpulan masa, orang-orang turun kejalan, spanduk dan poster dimana-mana. Obrolan di setiap warung kopi dan sudut-sudut kampung seakan menyulap warga yg biasanya ke sawah dan berladang menjadi ‘pengamat’ politik dadakan. Demikian juga halnya di Nagari Talu dan Nagari Sinurut yg akan melaksanakan pemilihan langsung pada tgl 15 Juni 2008.

Tampilnya beberapa kandidat dalam Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) ini, memberi warna baru dalam kehidupan berdemokrasi ditingkat nagari di Talamau. Apalagi adanya tahapan masa kampanye, masa tenang (1 hari) dan pemilihan secara langsung. Bagi para pemilih pemula, tentu hal akan menjadi suatu pengalaman baru dan dapat dijadikan bagian dari pendidikan demokrasi ditengah-tengah masyarakat.

Untuk pemilihan Wali Nagari Talu, tampil 3 (tiga) calon yaitu :

          – Sdr Al Jupri            : Ketua Koperasi Syariah Talu

          – Sdri Ernawati         : Peg. Puskesmas Talamau, mantan Walinagari Talu.

          – Sdr Anuzul            : Kepala Jorong Sei. Jernih

Sementara untuk pemilihan Wali Nagari Sinurut, terdapat 5 (lima) calon :

          – Sdr masrifeli : PPK Jorong Sinurut

          – Sdr Arizal              : Wakil dari kepemudaan (Jorong Kemajuan)

          – Sdr Afdal              : Dari unsur tokoh agama (Jorong Paraman)

          – Sdr Herizal            : Usulan Bundo Kanduang (Barulak)

          – Sdr Zaidal Nasir      : Unsur Niniak Mamak (Jr. Harapan Tinggam)

 
Serentak se-Kab. Pasaman Barat

Hari “H” pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari ini, yg dijadwalkan pada hari Minggu tgl 15 Juni’08, akan berlangsung serentak di semua nagari seluruh Kabupaten Pasaman Barat, kecuali Nagari kajai dan Nagari Sasak. Menurut salah satu sumber yg dapat kami hubungi, pengecualian di Nagari Kajai dan Nagari Sasak ini berhubung masa tugas Wali Nagari yg sekarang menjabat belum berakhir. Belum didapat informasi lebih lanjut, kapan akan berakhirnya masa jabatan Wali Nagari Kajai dan Wali Nagari Sasak tsb.

Semoga ‘pesta rakyat ‘ Nagari Talu & Nagari Sinurut ini berlangsung dengan aman, damai dan sukses serta dapat melahirkan pemimpin yg diimpi-impikan rakyatnya.[makuncu]

Reply