Rang Talu Pulang Basamo

Mudik sudah menjadi rutinitas tahunan bagi kebanyakan orang-orang perkotaan, terutama terkait perayaan hari raya besar Idul Fitri. Hampir seluruh energi terkuras untuk yang namanya mudik, mulai dari persiapan si pemudik sampai persiapan pemerintah dengan segala instansinya. Mudik seolah-olah memberi energi tambahan bagi kebanyakan perantau untuk mengunjungi kampung halaman, dimana ia dulu lahir dan dibesarkan.

Demikian pula halnya warga Kec. Talamau yang berdomisili di ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Komunitas yang populer disebut Rang Talu ini juga selalu ambil bagian dalam kegiatan mudik lebaran dari tahun ke tahun. Namun mudik lebaran 1430H/2009 kali ini akan menjadi suatu hal yg berbeda bagi Rang Talu Jakarta. Jika tahun-tahun sebelumnya mereka mduik secara sendiri-sendiri atau masing-masing, kali ini para perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Talamau Jabodetabek (IKTJ) ini akan mengadakan mudik serentak dan di koordinir oleh IKTJ dalam sebuah kegiatan “Rang Talu Pulang Basamo’09”. Lebih dari 120 orang akan ambil bagian dalam Rang Talu Pulang Basamo ini.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Panitia RTPB’09 Dasril Alies, rombongan utamanya akan bertolak dari Jakarta pada tgl 16 September mendatang, dalam iring-iringan l.k 20 kendaraan pribadi. Selain itu, beberapa anggota juga sudah berangkat lebih dahulu dan ada juga yg menyusul naik pesawat udara. Semuanya nanti akan berkumpul dalam setiap kegiatan yg akan digelar selama berada di Talu.

Masih menurut Dasril, IKTJ akan melaksanakan serangkaian kegiatan dalam acara Pulang Basamo yang diberi tag lineRang Talu, Satu Hati Peduli Anak Nagari’ ini, termasuk beberapa bakti sosial. Di antaranya adalah sunatan massal, gotongroyong membersihkan lingkungan pemandian Air Hangat sekaligus merehab bangunan Musholla di lokasi pemandian tsb. Selain itu, juga akan digelar temuwicara/ramah-tamah dengan seluruh komponen masyarakat Talamau dan perantau dari daerah lain yg juga pulang kampong pada lebaran nanti. Rangkaian kegiatan tsb akan diawali dengan pawai takbiran pada malam 1 Syawal 1430H, dan ditutup dengan malam Halal Bi Halal sebagai malam puncak, sekaligus malam perpisahan dengan masyarakat Talamau. Selanjutnya rombongan peserta RTPB’09 akan bertolak kembali ke Jakarta pada tgl 25 September.

“Sebetulnya ini buka yang pertama, dulu (thn 91) Rang Talu Jakarta juga pernah mengadakan acara Pulang Basamo serta serangkaian bakti sosial di Talu. Waktu itu di diselenggarakan oleh PGMT – Persatuan Generasi Muda Talamau Jakarta. Semoga yg diselenggarakan oleh IKTJ kali ini lebih sukses dari yang sebelumnya dan dapat meningkatkan kebersamaan di antara sesama Rang Talu di perantuan maupun dengan kampung halaman”, demikian Dasril Alies ketika kami temui di Sekretariat IKTJ di daerah Ps MInggu, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. [rangtalu.net]

Reply