Rp 23 Juta hasil Gotong Royong

“Barek samo dipikua, Ringan samo dijinjiang…..”Demikian pepatah lamo mengatakan sebagai gambaran semangat gotong royong yang ada dan hidup di tengah-tengah masyarakat Minangkabau sejak dahulu kala. Patut kita syukuri bahwa semangat Barek samo dipikua, Ringan samo dijinjiang itu masih dimiliki dan dipegang teguh sampai saat sekarang ini oleh urang awak Talamau yang berdomisili di Jabodetabek. Hal ini terbukti dengan sukses terlaksananya Halal Bihalal IKT Jakarta 1428H/2007 pada 11 November 2007 yang lalu.

{mosimage}

Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa untuk mengadakan suatu hajatan atau untuk mengangkat suatu acara di Jakarta, apalagi akan melibatkan banyak pengunjung, tidaklah dapat dikatakan mudah dan yang pasti memerlukan biaya yang relative besar. “Sejak awalnya kami sudah menyadari bahwa ini adalah tugas berat bagi panitia. Selain memerlukan personil yang cukup banyak, acara ini akan sangat tergantung dengan ketersediaan dana”, demikian disampaikan Bp Derwan Miter, Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal IKT Jakarta 1428H/2007. Namun berkat kerja keras dan optimisme yang tinggi akan semangat kegotongroyongan dan rasa kebersamaan yang dimiliki oleh perantau/keluarga asal Talamau di Jabodetabek, Allhamdulillah beban berat terasa jadi ringan. Dengan mensosialisasikan rencana/program kegiatan tsb berikut nomor rekening bank yang disediakan, sudah cukup untuk mengetuk pintu hati dan memanggil semangat kegotongroyongan dan rasa kebersamaan warga Talamau Jabodetabek semuanya. 

Bukan masaalah besar atau kecil sesuatu yang dapat disumbangkan atau dilakukan, bak banyak kato urang; “…Sutera dek urang, Marekan dek awak. …Saikua dek urang, sasaik dek awak. …Sasukek dek urang, satekong dek awak”, namun rasa kebersamaanlah yang lebih tinggi nilainya dalam suatu gotongroyong. Demikian pula halnya bagi panitia, “kok banyak kami tampuangkan tangan manarimonyo, kok saketek ndak ado do’a panulak rasaki….”.

Hari demi hari menjelang hari “H”, SMS terus mengalir ke pesawat telepon genggam bendahara panitia sebagai konfirmasi atas sumbangan dana yang telah ditransfer ke rekening panitia (dalam hal ini mengunakan rekening organisasi). Sampai pada hari terakhir, Bendahara Panitia Bp H Ruswandi Rustam melaporkan bahwa sumbangan yang telah diterima untuk pelaksanaan Halal Bihalal IKT Jakarta 1428H/2007 berjumlah Rp 23.895.000,- (dua puluh tiga juta delapan ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) [daftar penyumbang ada pada bendahara dan webmaster]. Allhamdulillah, ini adalah salah satu pertanda bahwa semangat kegotongroyongan dan rasa kebersamaan diantara warga Talamau Jabodetabek masih sangat kuat dan cukup tinggi. Tentunya hal ini adalah potensial positive yang perlu terus dibina dan ditingkatkan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang lebih baik dan lebih mulia dimasa-masa mendatang, terutama untuk kampung halaman. Untuk itu dalam kesempatan ini pula, Panitia Pelaksana Halal Bihalal IKT Jakarta 1428H/2007 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh sanak saudara, keluarga, urang sumando,simpatisan serta semua pihak yang telah memberikan sumbangan dan dukungan dalam bentuk apapun sehingga terlaksananya Halal Bihalal tsb. Dan atas segala kekurangan dan kealpaan yang terjadi, baik selama persiapan maupun pada waktu pelaksanaan,” Kami atas nama Panitia Pelaksana dan Pengurus IKT Jakarta mohon maaf, kritik dan saran semoga hal tersebut dapat diperbaiki pada masa-masa mendatang. Salam ‘Takana Jo Rang Talu’ kepada seluruh pengunjung website Yoo RangTALU”, demikian Bp Derwan Miter, Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal IKT Jakarta 1428H/2007 mengakhiri pembicaraan.[makuncu]

 

Reply